Twitter
Facebook

Kopi Bubuk – Kopi Nikmat Berasal Dari Biji Kopi Berkualitas

Kopi bubuk adalah bentuk kopi yang paling sering kita jumpai.  Kopi bubuk adalah  biji kopi yang sudah diproses dan digiling halus dalam bentuk butiran-butiran kecil sehingga mudah diseduh dengan air panas dan dikonsumsi. Proses untuk membuat kopi bubuk, dari buah kopi matang hingga menjadi bubuk kopi dalam kemasan-kemasan tertentu, mungkin  agak sedikit rumit bagi orang awam. Namun apabila anda penasaran ingin tahu cara membuat kopi bubuk, berikut ini adalah uraian singkat dan jelas tentang bagaimana mengolah buah kopi menjadi produk bubuk. Proses pertama tentu saja adalah memanen buah kopi ranum berkualitas tinggi, dan lalu memisahkan biji kopi dengan daging buahnya. Setelah memisahkan biji dan daging buah kopi, proses selanjutnya adalah penjemuran biji kopi, hingga siap untuk dipanggang.

Kopi bubuk memang memerlukan kehati-hatian dan pengalaman dalam prosesnya. Proses pemanggangan atau penyangraian mungkin adalah proses paling rumit dalam pembuatan kopi bubuk, karena ini juga menentukan hasil akhir  yang dihasilkan. Biji kopi yang dipanggang untuk membuatnya tidak boleh terlalu gosong atau terlalu matang; hasil yang tidak pas mungkin berakibat pada produk gagal. Oleh karena itu, apabila harus dikerjakan secara manual, maka hanya orang-orang yang berpengalaman dan terampilah yang boleh memanggang atau menyangrai biji kopi. Pada proses pembuatan kopi bubuk secara modern, pemanggangan dilakukan dengan mesin pemanggang. Selama proses pemanggangan, kopi pun harus diaduk aduk agar hasil pemanggangan bisa merata.

Kopi bubuk ideal akan dihasilkan jika panas yang digunakan dalam proses penyangraian biji kopi menjadi  bubuk berkisar antara 203 hingga 221 derajat celcius, dengan suhu awal sekitar 180 derajat celcius. Proses penyangraian ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit; ini tergantung sedikit banyaknya biji kopi yang disangrai atau dipanggang. Proses selanjutnya dalam pembuatan kopi bubuk adalah penggilingan, dimana biji kopi dihaluskan menjadi butiran-butiran bubuk. Biasanya, beberapa bahan lain dicampurkan dalam proses pembuatan kopi bubuk ini, seperti jahe panggang. Proses terakhir dalam pembuatan kopi bubuk adalah pembungkusan dalam kemasan-kemasan tertentu. Produk bubuk kopi, terutama yang diproduksi oleh pedesaan, biasanya dikemas dalam bungkus plastik. Padahal, bungkus plastik kemungkinan besar tidak bisa menjaga kualitas dan kesegaran bubuk kopi.


Comments are closed.