Twitter
Facebook

Kopi Tubruk – Kopi Indonesia Nanti Nikmat

Kopi tubruk boleh dibiliang kopi khas Indonesia, karena tidak banyak negara lain yang mengkonsumsi kopi yang masih ada “ampasnya” seperti kopi tubruk.  Salah satu hal yang membuat kopi sebagai minuman yang paling banyak diminati dan dinikmati di seluruh dunia, terutama di Indonesia, adalah bahwa kopi bisa disajikan dengan berbagai cara. Di Indonesia, salah satu sajian kopi yang paling banyak diminati adalah kopi jenis ini.  Pada dasarnya, kopi tubruk hampir sama dengan Americano atau black coffee, dimana tidak ada campuran apapun di dalamnya seperti susu atau coklat. Namun kopi favorit di Indonesia ini  mungkin tidaklah sepahit black coffee, karena di dalamnya masih ada campuran gula pasir. Sajian kopi ini paling banyak diminati di sebagian besar pulau Jawa (terutama Jawa Timur) dan pulau Bali. Namun, beberapa daerah dan negara lain juga sudah mulai mengenal sajian kopi ini.

Salah satu hal yang membuat kopi tubruk banyak diminati adalah bahwa kopi ini mampu memberikan penikmat kopi rasa dan aroma asli kopi, tanpa harus merasakan rasa pahit kopi. Oleh karena itu, kebanyakan jenis kopi bubuk yang digunakan dalam kopi tubruk adalah jenis kopi yang beraroma kuat, seperti kopi luwak. Selain itu, cara penyajiannya yang gampang dan cepat membuat penikmat kopi tidak harus mengunjungi kafe atau kedai kopi untuk bisa menikmati kopi tubruk ini. Pada saat hujan turun atau butuh energu tambahan untuk lembur kerja, misalnya, penikmat kopi bisa membuat kopi tubruk buatan mereka sendiri.

Penyajian kopi tubruk memang sangat mudah dan cepat, karena anda hanya harus menyiapkan kopi bubuk, gula pasir, dan air mendidih. Kopi bubuk untuk digunakan di dalam sajian kopi ini harus berkualitas tinggi dan beraroma kuat, agar rasa yang dihasilkan kopi ini bisa senikmat seperti di restoran atau kafe . Sedangkan gula yang dipakai dalam kopi tubruk bisa gula pasir biasa, gula batu, atau gula jagung terutama untuk penderita diabetes. Sementara anda mendidihkan air, anda harus meracik kopi tubruk dengan memasukkan kopi bubuk terlebih dahulu sebanyak satu sendok makan, lalu gula pasir dengan jumlah yang diinginkan. Setelah memasukkan air panas, kopi tubruk a la anda siap untuk dinikmati.


Comments are closed.