Twitter
Facebook

Macam-Macam Kopi- Robusta, Arabica dan Kopi Lainnya

Macam-macam kopi dapat ditemui di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia. Macam-macam kopi ini juga berarti bermacam rasa, aroma dan cara konsumsinya. Selain teh, kopi juga merupakan salah satu minuman terkenal dan palin digemari, tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Bahkan beberapa orang cenderung menyukai kopi sebagai menu utama sarapan mereka.  Kopi sejatinya berasal dari sebuah tanaman, yang telah manjadi komditi utama perkebunan beberapa negara. Oleh karenanya, ada macam-macam kopi, baik dari jenis biji kopinya . Berikut ini sekilas tentang macam-macam kopi yang biasa dan cara olahannya. Mengetahui macam-macam kopi dan perbedaanya, terutama jenis biji kopi dan olahan kopi bubuk, akan membantu seorang penikmat kopi menentukan kopi mana yang terbaik dan layak direkomendasikan pada masyarakat.

Macam-macam kopi, pada dasarnya terdiri dari dua jenis yang paling populer,  yaitu biji kopi arabika dan robusta. Kopi arabika dipercaya sebagai jenis kopi yang pertama kali ditemukan di Ethiopia dan menyebar di Mesir hingga ke Arab –oleh karenya biji kopi ini dinamakan kopi arabika. Selanjutnya, macam-macam kopi yang lain adalah biji kopi robusta, yang biasanya ditanam di iklim, tropis seperti Kolombia dan Indonesia. Selain biji kopi yang berbeda macam-macam kopi dalam penyajian juga menjadi topi yang menarik untuk disampaikan. Salah satu alasannya adalah bahwa negara bahkan negara yang berbeda memiliki cara yang berbeda pula dalam menyajikan minuman kopi.

Namun pada umumnya, macam-macam kopi dalam hal penyajiannya terdiri dari beberapa jenis. Beberapa macam-macam kopi dari penyajiannya adalah sajian kopi klasik, kopi latte, cappuccino, espresso, mocha, dan khusus Indonesia adalah kopi susu.  Sajian kopi klasik atau dalam istilah International dikenal dengan istilah Americano atau black coffee, adalah campuran murni dari bubuk kopi dan air panas. Kopi latte adalah penyajian kopi lain, yang mencampurkan bubuk kopi dengan susu panas; di Indonesia, ini yang biasa dikenal dengan kopi susu, namun latte memiliki kadar susu yang lebih tinggi. Cappuccino dan espresso memiliki penyajian yang hampir sama; namun ada tambahan kadar susu dan bahan lain seperti coklat bubuk. Mocha adalah macam-macam kopi dari penyajian yang sebenarnya lebih dikenal oleh masyarakat Amerika dan sebagian besar Eropa.


Comments are closed.