Twitter
Facebook

Sejarah Kopi – Di Dunia Dan Indonesia

Sejarah kopi di Indonesia sudah dimulai dari beberapa ratus tahun yang lalu. Sejarah kopi dari jaman kolonial sedikit banyak memberikan dampak positif kepada industri dan perkebunan kopi di Indonesia. Kopi pada umumnya diolah sebagai bahan utama minuman, dan biasanya disajikan sewaktu masih panas beserta dengan beberapa kudapan pelengkap. Apabila anda adalah seorang penggemar kopi,  mungkin anda tahu betul segala hal tentang kopi; namun, apakah anda mengerti asal usul dan perkembangan sejarah kopi? Kebanyakan penikmat kopi mungkin tidak tahu asala usul minuman beraroma kuat dan berasa pahit ini. Oleh karenanya, berikut ini uraian singkat tentang asal usul atau sejarah kopi di dunia dan di Indonesia. Walaupun dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia, kopi bukan berasal dari Indonesia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sejarah kopi dimulai dari Etiopia, pada sekitar abad ke tiga belas; namun, beberapa sumber menyebutkan pada abad ke sembilan.

Sejarah kopi pada awalnya disebutkan dimulai dari seorang penggembala kambing, yang pertama menemukan efek yang ditimbulkan biji kopi pada kambing mereka. Namun, tidak ada catatan atau bukti yang dapat membuktikan kejadian ini. Dari sebuah negara kecil bernama Etiopia, sejarah kopi lalu berlanjut dengan menyebar ke negara lain di Afrika, seperti Yaman dan Mesir. Kopi yang telah disangrai dan dipanggang pertama kali diperkenalkan di negara Arab, yang lalu diabadikan sebagai salah satu jenis kopi, yaitu kopi arabika. Walaupun memiliki banyak penggemar, sejarah kopi pernah mengalami sedikit hambatan sewaktu dilarang oleh majelis keagamaan di Arab.

Sejarah kopi semenjak diperkenalkan di Arab, mengalami perkembangan pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di negara kita ini, kopi pertama kali menjadi tanaman perkebunan pada jaman penjajah Belanda. Melalui Sri Lanka, kopi menjadi komoditi yang menjanjikan di Indonesia. Oleh karenanya, sejarah kopi di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, karena telah menjadi perkebunan tersendiri di daerah Bogor, Jakarta, lalu menyebar ke daerah Jawa Tengah. Namun, sebagaimana perkembanga kopi di dunia, sejarah kopi di Indonesia juga mengalami hambatan pada awal abad ke 20. Pada masa itu, hampir seluruh tanaman kopi terserang hama, sehingga gagal panen kopi terjadi di hampir seluruh perkebunan kopi terutama di pulau Jawa.


Comments are closed.